13 Januari 2010

GOLDEN FOOD, FOOD FOR FUTURE

Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan pentingnya kesehatan, membuat mereka menjadi lebih selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Makanan sehat menjadi sebuah keharusan. Beberapa makanan dianggap sehat jika ia mengandung nilai gizi yang lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak mengandung zat-zat yang dapat membahayakan tubuh mereka. Salah satu jenis makanan yang memenuhi kriteria ini adalah apa yang orang Amerika sebut sebagai Golden Food atau Food for Future, Apaan itu?

Makanan itu adalah kedelai. Kedelai mengandung protein lengkap dan zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein yang mengandung 8 susunan asam amio esensial yang terdiri dari :
1. Kalsium
2. Zat besi
3. Sodium
4. Pospor
5. Hidro karbon
6. Vitamin A, E, B1, B2, B12
7. Serat
8. Faty acid
9. Niacin
10. Lechitin
11. Oleat
12. Lysine
13. Thereonine
14. Protein ocromogen
15. Sapin
16. Isoflapon
17. Tidak mengandung lemak jenuh ( diantara kolesterol )
18. Didalam kedelai mentah masih mengandung zat inti gizi yang bersifat akan menghalangi proses penyerapan zat gizi.

Selain protein yang lengkap, kedelai juga mengandung zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat itu secara lengkap yaitu:

1. PROTEIN LENGKAP
Dan sebagai alat pengangkut oksigen serta zat-zat dalam darah membuat mengandung 8 asam amino yang bersifat jaringan-jaringan baru anti body melawan infeksi dan memperbaiki serta mengganti jaringan-jaringan bila tubuh kita menbutuhkannya
2. KALSIUM berfungsi memperkuat daya tahan tulang dan gigi
3. SERAT berfungsi melancarkan pencernaan
4. ZAT BESI
5. POSPOR
6. HIDRO KARBON
7. VITAMIN A, C, E, B, B1, B2, B12
8. LECHITIN kedelai zat yang sangat ampuh memobilisasi kolesterol dan lemak jenuh lainnya hingga dikeluarkan dari tubuh. Dan berfungsi mengeluarkan kolesterol dalam darah dan menyeimbangkannya.
9. NIACHIN zat yang berfungsinya membantu penyerapan zat-zat gizi
10. OLEAT
11. FATY ACID
12. LYSINE
13. THERONINE
14. PROTEIN OCROMOGEN
15. SAPOIN
16. ISOFLAVON berfungsi membantu berperan aktif dalam meningkatkan ingatan jangka pendek dan jangka panjang
17. NON KOLESTEROL
18. KAROTEN berfungsi sebagai anti oksidan penetralisir racun dalam tubuh

Jika melihat kandungan gizi yang ada dalam kedelai maka layaklah kalau kedelai disebut sebagai Golden Food atau Makanan untuk masa depan.

Perbedaanya dengan SUSU SAPI

Kandungan gizi yang terkandung dalam kedelai setara dengan kandungan gizi dalam susu sapi. Perbedaannya kalau sapi mengandung kolesterol maka kedelai tidak mengandung kolesterol. Sehingga merupakan sebuah peluang untuk mengembangkan setiap makanan olehan yang berasal dari kedelai.


1 komentar:

Komentar Spam akan dihapus